Beranda | Artikel
Makar Orang Kafir Sia-Sia
Rabu, 7 Juni 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Makar Orang Kafir Sia-Sia adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Furqan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 9 Dzulqa’dah 1444 H / 29 Mei 2023 M.

Kajian Tentang Makar Orang Kafir Sia-Sia

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ

“Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia?” (QS. Al-Fil[105]: 2)

Kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

أَمَّن يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ …

“Bukankah Allah yang memperkenankan doa orang-orang yang dalam kesusahan apabila dia berdoa kepadaNya? Dan Allah menghilangkan kesusahannya, dan Allah menjadikan kalian pemimpin-pemimpin di atas muka bumi. Apakah ada sesembahan bersama Allah? Sedikit sekali kalian mengambil pelajaran.” (QS. An-Naml[27]: 62)

Orang-orang kafir Quraisy sangat meyakini bahwa kalau mereka berdoa kepada Allah maka dikabulkan. Ketika Ka’bah ingin dihancurkan, mereka berdoa di depan Ka’bah agar Allah menolong mereka, dan doa mereka dikabulkan. Maka janganlah kita menjadi orang yang paling lemah, yaitu orang yang tidak sanggup berdoa.

Dengan doa, ketika Allah kabulkan maka yang lemah jadi kuat, sedangkan yang kelihatannya kuat menjadi hancur. Yang miskin menjadi kaya dengan doa. Ini pelajaran besar yang bisa kita ambil dari kisah Ashabul Fiil.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52965-makar-orang-kafir-sia-sia/